Hukum Sholat Nisyfu Sya'ban

Amalan Di Jamin Selamat Dari Penyakit Gila Kusta Lepra Buta Lumpuh Stroke
Hukum Sholat Nisyfu Sya'ban

Pertama, Dalil-dali Yang Terkait dengan
Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban
Firman Allah dalam surat Ad Dukhan:
(إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ)
(فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ)
[Surat Ad-Dukhan : 4]
{إنا أنزلناه في ليلة مباركة} هي ليلة القدر أو ليلة النصف من شعبان نزل فيها من أم الكتاب من السماء السابعة إلى سماء الدنيا {إنا كنا منذرين} مخوفين به.
تفسير الجلالين ص 656
Ulama berbeda pendapat tentang kata "Malam" yang terdapat pada ayat diatas.
Pendapat pertama:
bahwa yang dimaksud dengan "Malam" pada ayat diatas adalah malam lailatul qadar, yaitu malam yang terdapat pada bulan Ramadhan.
Pendapat kedua:
bahwa yang dimaksud dengan "Malam" pada ayat tersebut adalah malam nisfu sya'ban.
Pendapat ketiga:
Ulama yang berpendapat bahwa, bisa jadi malam lailatul qadar terjadi pada pertengahan bulan sya'ban.

Kedua, Hadis-hadis yang Yang Terkait dengan
Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban:
Hadis 1:
1388 - حدثنا الحسن بن علي الخلال قال: حدثنا عبد الرزاق قال: أنبأنا ابن أبي سبرة، عن إبراهيم بن محمد، عن معاوية بن عبد الله بن جعفر، عن أبيه، عن علي بن أبي طالب، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " إذا كانت ليلة النصف من شعبان، فقوموا ليلها وصوموا نهارها، فإن الله ينزل فيها لغروب الشمس إلى سماء الدنيا، فيقول: ألا من مستغفر لي فأغفر له ألا مسترزق فأرزقه ألا مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا، حتى يطلع الفجر .
سنن ابن ماجة ومسند احمد وسنن الترمذي و صحيح ابن خزيمة وصحيح ابن حبان و سنن الدارقطني و معجم الكبير لطبراني و سنن الكبرى للبيهقي
Artinya:
Rasulullah Saw bersabda, "Jika malam nisfu
sya'ban, maka shalatlah pada malam harinya dan berpuasa pada siangnya. Karena sesungguhnya Allah turun pada saat menjelang terbenam matahari ke langit yang paling terdekat.
Lalu Allah menyeru, 'Siapa orang yang beristighfar kepadaKU maka akan AKU ampuni.
Siapa yang meminta rizki, maka AKU akan memberikan rizki.
Siapa yang sakit, maka akan AKU sembuhkan! Siapa yang begini, siapa yang begini...dan seterusnya hingga terbit fajar"
HR. Ibnu Majah, Baihaqi dalam
Syu'abul Iman dari Imam Ali karamahullahu Wajhahu.

Hadis 2:
فقال: إن الله عز وجل ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب.
أخرجه الترمذي وابن أبي شيبة والبيهقي
Artinya
Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah turun pada malam nisfu sya'ban ke langit terdekat.
Memberikan pengampunan lebih banyak dari
jumlah bulu domba Bano Kalb".
HR. Tirmidzi, Ibnu Abi Syaibah, Al Baihaqi, dan Ibnu Majah dari sayyidah Aisyah.

Hadis 3:
6642 - حدثنا حسن، حدثنا ابن لهيعة، حدثنا حيي بن عبد الله، عن أبي عبد الرحمن الحبلي، عن عبد الله بن عمرو، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: " يطلع الله عز وجل إلى خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لعباده إلا الاثنين: مشاحن، وقاتل نفس "
رواه أحمد
Artinya
Allah menemui hamba-Nya pada malam nisfu
sya'ban dan memberikan ampunan kepada
hamba-Nya kecuali dua orang; yang suka
bertengkar dan melakukan bunuh diri"
HR. Ahmad bin Hanbal dalam Musnad dari Abdullah bin Amr bin Ash.

Hadis 4:
عن أبي موسى الأشعري، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن.
رواه ابن ماجه وحسنه الألباني في صحيح ابن ماجه 1140
Artinya: "Dari Abu Musa, Rasulullah saw
bersabda: "Sesungguhnya Allah muncul (ke dunia) pada malam Nishfu Sya'ban dan mengampuni seluruh makhlukNya, kecuali orang musyrik dan orang yang dengki dan iri kepada sesama muslim"
(HR. Ibn Majah, )

Hadis 5.
عن عثمان بن أبي العاص، عن النبي صلى الله عليه وسلم - قال: " إذا كان ليلة النصف من شعبان نادى مناد: هل من مستغفر فأغفر له؟ هل من سائل فأعطيه؟ فلا يسأل أحد شيئا إلا أعطي إلا زانية بفرجها أو مشركا " رواه البيهقي
Artinya: "Dari Utsman bin Abil Ash, Rasulullah
saw bersabda: "Apabila datang malam Nishfu
Sya'ban, Allah berfirman: "Apakah ada orang yang memohon ampun dan Aku akan mengampuninya?
Apakah ada yang meminta dan Aku akan
memberinya? Tidak ada seseorang pun yang
meminta sesuatu kecuali Aku akan memberinya,
kecuali wanita pezina atau orang musyrik" (HR.Baihaki).

Hadis 6:
Bahkan, Imam Syafi'i pun beliau
mengistimewakan malam Nishfu Sya'ban ini
dengan jalan lebih mempergiat ibadah, doa dan membaca al-Qur'an. Hal ini sebagaimana nampak dalam perkataannya di bawah ini:
7927 - قال عبد الرزاق: وأخبرني من، سمع البيلماني يحدث عن أبيه، عن ابن عمر قال: " خمس ليال لا ترد فيهن الدعاء: ليلة الجمعة، وأول ليلة من رجب، وليلة النصف من شعبان، وليلتي العيدين "
مصنف عبد الرزاق الصنعاني
Imam syafi'i r.a berkata:
قا الشافغي: بلغنا أن الدعاء يستجاب في خمس ليال:
ليلة الجمعة، وأول ليلة من رجب، وليلة النصف من شعبان، وليلتي العيدين
Artinya: "Telah sampai kepada kami riwayat
bahwa dua itu akan (lebih besar kemungkinan
untuk) dikabulkan pada lima malam:
Pada malam Jum'at, malam Idul Fithri, malam Idul Adha, malam awal bulan Rajab, dan pada malam Nishfu Sya'ban.
Imam Syafi'i berkata kembali: "Dan aku
sangat menekankan (untuk memperbanyak doa) pada seluruh malam yang telah aku ceritakan tadi".

Hadis 7:
3554 - أخبرنا أبو نصر بن قتادة، حدثنا أبو منصور محمد بن أحمد الأزهري الهروي، حدثنا الحسين بن إدريس، حدثنا أبو عبيد الله ابن أخي ابن وهب، حدثنا عمي، حدثنا معاوية بن صالح، عن العلاء بن الحارث، أن عائشة، قالت: قام رسول الله صلى الله عليه وسلم من الليل يصلي فأطال السجود حتى ظننت أنه قد قبض، فلما رأيت ذلك قمت حتى حركت إبهامه فتحرك، فرجعت، فلما رفع رأسه من السجود، وفرغ من صلاته، قال: " يا عائشة أو يا حميراء ظننت أن النبي خاس بك؟ "، قلت: لا والله يا رسول الله ولكني ظننت أنك  قبضت لطول سجودك، فقال: " أتدرين أي ليلة هذه؟ "، قلت: الله ورسوله أعلم، قال: " هذه ليلة النصف من شعبان، إن الله عز وجل يطلع على عباده في ليلة النصف من شعبان فيغفر للمستغفرين، ويرحم المسترحمين، ويؤخر أهل الحقد كما هم ". رواه البيهقي
Dari A'isyah: "Suatu malam rasulullah salat,
kemudian beliau bersujud panjang, sehingga aku menyangka bahwa Rasulullah telah diambil, karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Setelah Rasulullah
usai salat beliau berkata: "Hai A'isyah engkau
tidak dapat bagian?".
Lalu aku menjawab: "Tidak ya Rasulullah, aku hanya berfikiran yang tidak-tidak (menyangka Rasulullah telah tiada) karena engkau bersujud begitu lama".
Lalu beliau bertanya: "Tahukah engkau, malam apa sekarang ini".
"Rasulullah yang lebih tahu", jawabku.
"Malam ini adalah malam nisfu Sya'ban, Allah
mengawasi hambanya pada malam ini, maka Ia memaafkan mereka yang meminta ampunan, memberi kasih sayang mereka yang meminta kasih sayang dan menyingkirkan orang-orang yang dengki"
(H.R. Baihaqi)
Menurut perawinya hadis ini mursal (ada rawi yang tidak sambung ke Sahabat), namun cukup kuat.

Kata lain dari shalat Nisfu Sya’ban adalah
“SHALAT MUTHLAQ" yang dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban”. Untuk memudahkan pengucapan,
Sebagian ulama menyebutnya shalat nisfu Sya’ban, karena memang beliau melakukanya.
Juga termasuk jenis shalat Muthlaq bagi yg mengingkarinya,,
maka kalau solat mutlak
boleh dikerjakan kapan saja termasuk malam
pertengahan Sya’ban selama dikerjakan tidak
pada waktu yang dilarang.
Juga boleh pada malam yang lain melakukan shalat Muthlaq, maka pada malam nisfu Sya’ban juga lebih di anjurkan.
Membid’ahkan shalat nisfu Sya’ban sama dengan membid’ahkan shalat Muthlaq yang sunnah.
Apalagi ada hadis yang menyatakan bahwa Rasul menggiatkan qiyamul layl pada malam nisfu Sya’ban. Semakin kuat lah dasar shalat nisfu Sya’ban.
Kesimpulannya boleh  shalat Muthlaq pada malam nisfu Sya’ban atau solat nisfu sya'ban,
Jadi Jangan sampai kita
mengharamkan apa yang dihalalkan Allah. Kalau nabi saja tidak boleh apalagi kita.
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ لِمَ تُحَرِّمُ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكَ
[Surat At-Tahrim : 1]
HAI NABI, MENGAPA KAMU MENGHARAMKAN
APA YANG ALLAH HALALKAN BAGIMU
(QS. At-Tahrim:6)

Faidah:
Tentang solat nisfu sya'ban ini,dari text hadis "bila datang nishfu syakban maka sholatlah pada malam harinya dan puasa di siang harinya"
maka imam alghozaly memasukkan sholat syakban ini pada sholat sunah tahunan,
di juz pertama imam ghozaly dalam kitabnya ihya' ulumiddin  menjelaskan sholat sunah tahunan ada empat:
1: dua hari raya
2: tarawih
3: solat rojab
4: solat syakban
القسم الثالث ما يتكرر بتكرر السنينوهي أربعة صلاة العيدين
والتراويح وصلاة رجب وشعبان.
Kalau anda bertanya dari mana dasar pengambilan tentang solat nisfu sakban, maka saya jelaskan lagi, bahwa kita ada perintah dari rosululloh saw untuk solat di malam harinya (nisfu syakban) dan puasa di siang harinya,
maka kalau anda di perintah solat dua rokaat ketika masuk masjid, berarti anda solat niat tahyat masjid.
Begitu juga ketika anda di perintah solat atau qiyamullail di malam harinya dan puasa di siang harinya. Maka anda niat puasa nisfu sakban dan solat nisfu sakban (kalau mau) kalau gak mau, sholat sunnah mutlaq saja, tanpa harus menyalahkan.
Kalau puasa nisfu sakban boleh begitu juga dngn sholat nisfu sakban, karena sama2 ada anjuran, sedang puasa dan solat sama2 amal yg mengandalkan niat, tidak sah tanpa niat.
Dari itu maka imam al ghozali menjelaskan tentang solat nisfu syakban:
وأما صلاة شعبان فليلة الخامس عشر منه يصلي مائة ركعة كل ركعتين بتسليمة يقرأ في كل ركعة بعد الفاتحة قل هو الله أحد إحدى عشرة مرة وإن شاء صلى عشر ركعات يقرأ في كل ركعة بعد الفاتحة مائة مرة قل هو الله أحد فهذا أيضا مروي في جملة الصلوات كان السلف يصلون هذه الصلاة ويسمونها صلاة الخير ويجتمعون فيها وربما صلوها جماعةروي عن الحسن أنه قال حدثني ثلاثون من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم إن من صلى هذه الصلاة في هذه الليلة نظر الله إليه سبعين نظرة وقضى له بكل نظرة سبعين حاجة أدناها المغفرة
إحيأ علوم الدين:ج 1 صفحة 203/243
Dalam i'anah:
وأما صلاة شعبان فهي أن يصلي في ليلة الخامس عشر منه مائة ركعة، كل ركعتين بتسليمة، يقرأ في كل ركعة بعد الفاتحة قل هو الله أحد إحدى عشرة مرة.وإن شاء صلى عشر ركعات يقرأ في كل ركعة بعد الفاتحة قل هو الله أحد مائة مرة، فهذه أيضا مروية في جملة الصلوات، كان السلف يصلون هذه الصلاة ويسمونها صلاة الخير، ويجتمعون فيها، وربما صلوها جماعة.وروي عن الحسن البصري رحمه الله أنه قال: حدثني ثلاثون من أصحاب النبي - صلى الله عليه وسلم - أن من صلى هذه الصلاة في هذه الليلة نظر الله تعالى إليه سبعين نظرة، وقضى له بكل نظرة سبعين حاجة أدناها المغفرة.اه.
إعانة الطالبين
Adapun solat sya'ban maka pada tanggal 15 nya(nisfu sya'ban) solatlah 100 roka'at,setiap dua rokaat ditutup dngn salam.setiap rokaat baca setelah alfatihah surat ikhlas 11 kali,jika mau boleh solat 10 rokaat,tapi setiap rokaat setelah baca alfatihah membaca surat al ikhlas 100 kali,
ini juga telah di riwayatkan dalam sejumalah macam2 solat .
Ulama salaf dulu mereka sholat seperti ini dan memberi nama sholat kebaikan,dan ulama berkumpul2 karena ini dan terkadang solat dengan berjamaah,
di riwayatkan dari hasan dan  sesungguhnya dia berkata: bahwa menceritakan kepadaku dari 30 sohabat rosul saw bahwa sesungguhnya orang yg solat seperti ini di malam ini,maka alloh memperhatikan 70 perhatian,dan alloh mengabulkan hajatnya 70 hajat dalam setiap satu perhatian,paling rendah2nya adalah pengampunan dosa.

Tambahan faidah hadis yg matannya,textnya menyuruh sholat pada malam nisfu syakban:
وعن النبي صلى الله عليه وسلم قال:) إذا كانت ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلتها وصوموا نهارها فإن الله ينزل لغروب الشمس إلى سماء الدنيا يقول ألا مستغفر فأغفر له ألا مبتلى فأعافيه ألا مسترزق فأرزقه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر) ذكره الثعلبي. وخرج الترمذي بمعناه
تفسير القرطبي
Dan:
703 - أخبرنا أبو الحسن أحمد بن إسحاق بن منجاب، ثنا الحسن بن أبي علي النجار، ثنا الحسن بن علي الحلواني، ثنا عبد الرزاق، أنبأ ابن أبي سبرة، عن إبراهيم بن محمد، عن معاوية بن عبد الله، عن أبيه، عن علي بن أبي طالب، قال: -[307]- قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " إذا كان ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلتها وصوموا يومها؛ فإن الله عز وجل ينزل فيها لغروب الشمس إلى سماء الدنيا فيقول: «ألا مستغفر فأغفر له، ألا مسترزق فأرزقه، ألا مبتلى فأعافيه، ألا كذا، حتى يطلع الفجر»
أمالي ابن شبران
Dan:
24 - وحدثنا أبو محمد عبيد الله بن يوسف الأصفهاني، قال -[123]-: أنبأنا أبو إسحاق إبراهيم بن أحمد بن فراس المالكي، حدثنا محمد بن علي بن زيد الصائغ، قال: حدثنا الحسن بن علي، قال: حدثنا عبد الرزاق، قال: أخبرنا ابن أبي صبرة، عن إبراهيم بن محمد، عن معاوية، عن عبد الله بن جعفر، عن أبيه، عن -[124]- علي بن أبي طالب، رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:" إذا كان ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلتها وصوموا يومها فإن الله تبارك وتعالى يقول: ألا مستغفر فأغفر له، ألا مسترزق فأرزقه، ألا سائل فأعطيه، ألا كذا حتى يطلع الفجر "
فضائل الأوقات للبيهقي
Catatan :
Dalam masalah ini sebenarnya dalam madzhab syafi'i juga terjadi perbeda'an ulama'
Imam favorit saya (imam nawawi) juga tidak sependapat dengan imam favorit saya juga, imam ghozali,
Jadi kalau seumpama mengikuti ini salah satunya, jangan menyalahkan pada yang lain,
Bahkan dalam niatnya sekalipun.

Allahu a'lam.

#PetualangOnline 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habib rizieq adalah yatim. Inilah silsilah beliau sampai pada nabi saw.

Perbedaan Ulama Sholih Dan Ulama Muslih