Isim Fa'il Dan Isim Maf'ul
بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Isim Fa’il, Isim Maf’ul dan Sifat Musyabbahah
» Alfiyah Bait 457-462
ﺃﺑْﻨِﻴَﺔُ ﺃﺳْﻤَﺎﺀِ ﺍﻟْﻔَﺎﻋِﻠِﻴﻦَ
ﻭﺍﻟْﻤَﻔﻌُﻮﻟِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟﺼَّﻔﺎﺕِ ﺍﻟﻤُﺸَﺒَّﻬﺔِ
ﺑِﻬَﺎ
Bentuk-bentuk Isim Fa’il, Isim Maf’ul dan Sifat
Musyabbahah
ﻛَﻔَﺎﻋِﻞٍ ﺻُﻎ ﺍﺳْﻢَ ﻓَﺎﻋِﻞٍ ﺇﺫَﺍ ¤ ﻣِﻦْ
ﺫِﻱ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔٍ ﻳَﻜُﻮﻥُ ﻛَﻐَﺬَﺍ
Bentuklah Isim Fa’il seperti wazan FAA’ILUN,
apabila berupa Fi’il Tsulatsi. Contoh: GHODZAA
(bentuk Isim Fa’ilnya GHOODIN asalnya
GHOODIWUN)
ﻭَﻫُﻮَ ﻗَﻠِﻴﻞٌ ﻓِﻲ ﻓَﻌُﻠْﺖُ
ﻭَﻓَﻌِﻞْ ¤ ﻏَﻴْﺮَ ﻣُﻌَﺪَّﻯ ﺑَﻞْ ﻗِﻴَﺎﺳُﻪُ
ﻓَﻌِﻞْ
Isim Fa’il wazan FAA’ILUN tersebut jarang
digunakan pada Fi’il wazan FA’ULA
(dhommah’ain fiilnya) dan Fi’il wazan FA’ILA
(karoh ‘ain fiilnya) yang tidak Muta’addi, bahkan
qias Isim Fa’ilnya berwazan FA’ILUN, <lanjut ke
bait berikutnya).
ﻭَﺃﻓْﻌَﻞٌ ﻓَﻌْﻠَﺎﻥُ ﻧَﺤْﻮُ ﺃﺷِﺮِ ¤ ﻭَﻧَﺤْﻮُ
ﺻَﺪْﻳَﺎﻥَ ﻭَﻧَﺤْﻮُ ﺍﻷَﺟْﻬَﺮِ
atau wazan AF’ALUN atau wazan FA’LAANU.
Contoh: ASYIRUN, SHODYAANU dan AJHARU.
ﻭَﻓَﻌْﻞٌ ﺃﻭْﻟَﻰ ﻭَﻓَﻌِﻴﻞٌ
ﺑِﻔَﻌُﻞْ ¤ ﻛَﺎﻟﻀَّﺨْﻢِ ﻭَﺍﻟْﺠَﻤِﻴﻞ
ﻭَﺍﻟْﻔِﻌْﻞُ ﺟَﻤُﻞْ
Isim Fa’il wazan FA’LUN dan FA’IILUN lebih
utama untuk Fi’il wazan FA’ULA (dhommah ‘ain
fi’ilnya). Contohnya DHOHMUN dan JAMIILUN
Fi’ilnya berlafazh JAMULA
ﻭَﺃﻓﻌَﻞٌ ﻓِﻴﻪِ ﻗَﻠِﻴﻞٌ
ﻭَﻓَﻌَﻞْ ¤ ﻭَﺑِﺴِﻮَﻯ ﺍﻟْﻔَﺎﻋِﻞِ ﻗَﺪْ
ﻳَﻐْﻨَﻰ ﻓَﻌَﻞْ
Adapun Isim Fa’il berwazan AF’ALUN dan
FA’LUN pada Fi’il FA’ULA (dhommah ‘ain
fi’ilnya) adalah jarang. Selanjutnya Fi’il wazan
FA’ALA (fathah ‘ain fi’ilnya) terkadang cukup
dengan bentuk Isim Fa’il selain wazan
FAA’ILUN.
–·•Ο•·–
Bab ini disimpulkan oleh Mushannif untuk
menerangkan tentang wazan-wazan Isim Fa’il, Isim
Maf’ul, juga Shifat Mushabbahah.
Abniyatu Asmaa’il Faa’iliina, menggunkan bentuk
jamak mudzakkar salim (Faa’iliina) dimaksudkan
adalah bentuk Isim subjek/pelaku yang didominasi
oleh subjek berakal. Ash-shifaatil-Mushabbahati
Bihaa, athaf kepada lafazh Asmaa’i, secara ringkas
dapat diartikan bentuk sifat yang diserupakan Isim
Fa’il dan Isim Maf’ul. Akan tetapi dijelaskan nanti
pada Bab berikutnya yaitu Bab As-shifatul-
Musyabbahatu bi Ismil-Faa’il. Dengan demikian
dhamir “Bihaa” pada Bab ini menunjukkan bahwa
Marji’nya hanya kepada Asmaa’il Faai’liina saja.
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Fi’il terbagi dua:
1. Fi’il Tsulatsi
2. Fi’il Ghair Tsulatsi
Disebutkan juga bahwa Fi’il Tsulatsi terdapat tiga
wazan:
1. FA’ALA, Fathah ‘Ain Fi’ilnya, Muta’addi atau
Lazim
2. FA’ILA, Kasroh ‘Ain Fi’ilnya, Muta’addi atau
Lazim
3. FA’ULA, Dhommah ‘Ain, Lazim.
oOo
Berikut adalah Wazan-Wazan Isim Fa’il dan Sifat
Mushabbahah:
1. Fi’il berwazan FA’ALA maka Isim Fa’ilnya ikut
wazan FAA’ILUN, baik Muta’addi atau Lazim.
Contoh yang Muta’addi:
ﺿﺮﺏ – ﺿﺎﺭﺏ . ﺃﺧﺬ – ﺁﺧﺬ
DHARABA-DHAARIBUN = Yang Memukul
AKHADZA-AAKHIDUN = Yang Mengambil
Contoh yang Lazim:
ﺟﻠﺲ – ﺟﺎﻟﺲ . ﺧﺮﺝ – ﺧﺎﺭﺝ
JALASA-JAALISUN = Yang Duduk
KHARAJA-KHAARIJUN = Yang Keluar
oOo
2. Fi’il berwazan FA’ILA maka Isim Fa’ilnya :
a. ikut wazan FAA’ILUN apabila Muta’addi.
Contoh :
ﺭﻛﺐ – ﺭﺍﻛﺐ . ﺷﺮﺏ – ﺷﺎﺭﺏ
RAKIBA-RAAKIBUN = Yang Menunggang
SYARIBA-SYAARIBUN = Yang Meminum
b. Juga ikut wazan FAA’ILUN apabila Lazim
tapi jarang. Contoh:
ﺳﻠﻢ – ﺳﺎﻟﻢ . ﻋﻘﺮﺕ - ﻋﺎﻗﺮ
SALIMA-SAALIMUN = Yang Selamat/Sentosa
‘AQIRAT-’AAQIRUN = Yang Mandul
d. apabila Lazim paling banyak ikut wazan:
1. FA’ILUN (lk) FA’ILATUN (pr). biasanya
menunjukkan tentang makna penyakit-penyakit
jasmani atau tabiat atau sifat-sifat batin
semisal kebahagiaan, kesedihan, kebaikan dll.
Contoh:
ﻓﻄِﻦَ – ﻓَﻄِﻦٌ
FATHINA -FATHINUN = yang cerdas
ﻓﺮﺡ – ﻓﺮِﺡٌ
FARIHA-FARIHUN = yang gembira
ﺑَﻄِﺮ – ﺑَﻄِﺮٌ
BATHIRA-BATHIRUN = yang angkuh/tidak
mensyukuri Nikmat .
ﻭﺣَﺬِﺭَ – ﺣَﺬِﺭٌ
HADZIRA-HADZRUN = yang berhati-hati/
waspada
ﻭﺗَﻌِﺐ – ﺗﻌﺐ
TA’ABA-TA’IBUN = yang payah/cape ‘
2. AF’ALA (lk) FA’LAA’A (pr). biasanya
menunjukkan tentang makna keadaan bentuk
corak atau warna atau cacat. Contoh:
ﺣَﻤِﺮ ﻓﻬﻮ ﺃﺣﻤﺮ
HAMIRA-AHMARA = yang merah
ﻋﺮﺝ ﻓﻬﻮ ﺃﻋﺮﺝ
‘ ARIJA-A’RAJA = yang pincang
ﻋﻮﺭ ﻓﻬﻮ ﺃﻋﻮﺭ
‘ AWIRA-A’WARA = yang jahat/tidak baik
ﻛﺤﻞ ﻓﻬﻮ ﺃﻛﺤﻞ
KAHILA-AKHALA = yang hitam
oOo
3. Fi’il berwazan FA’ULA maka Isim Fa’ilnya :
a. juga ikut wazan FAA’ILUN tapi jarang.
Contoh :
ﻃﻬُﺮ ﻓﻬﻮ ﻃﺎﻫﺮ
THAHURA-THAAHIRUN = yang bersih/suci
ﺣﻤُﺾَ ﻓﻬﻮ ﺣﺎﻣﺾ
HAMUDHA-HAAMIDHUN = yang masam
b. Yang banyak ikut wazan :
1. FA’LUN, contoh:
ﺿﺤُﻢ – ﺿﺨْﻢ
DHAKHUMA-DHAKHMUN = Yang Gemuk
ﺷﻬُﻢ – ﺷﻬْﻢ
SYAHUMA-SYAHMUN = yang tangkas/cekatan
ﺻَﻌُﺐ ﻓﻬﻮ ﺻَﻌْﺐ
SHA’UBA-SHA’BUN = yang sulit
2. FA’IILUN, contoh:
ﺷﺮُﻑ ﻓﻬﻮ ﺷﺮﻳﻒ
SYARUFA – SYARIIFUN = yang mulia
ﻧﺒﻞ ﻓﻬﻮ ﻧﺒﻴﻞ
NABULA – NABIILUN = yang mulia
ﻭﻗﺒُﺢ ﻓﻬﻮ ﻗﺒﻴﺢ
QABUHA – QABIIHUN = yang jelek/tidak baik
c. sedikit ikut wazan :
1. AF’ALA, contoh:
ﺧﻈﺐ ﻓﻬﻮ ﺃﺧﻈﺐ
KHATZABA-AKHTHABA = yang merah
kehitaman
2. FA’ALA, contoh:
ﺣَﺴُﻦ ﻓﻬﻮ ﺣَﺴﻦٌ
HASUNA – HASANUN = yang bagus
ﻭﺑَﻄُﻞ ﻓﻬﻮ ﺑﻄﻞٌ
BATHULA – BATHALUN = yang juara/pahlawan
o0o
Kadang-kadang ada Fi’il Ttsulatsi wazan FA’ALA
(fathah ‘ain fi’ilnya) tercukupi tanpa mengikuti wazan
Isim Fa’il FAA’ILUN, seperti contoh:
ﻃﺎﺏ ﻓﻬﻮ ﻃﻴﺐ
THAABA – THAYYIBUN = yang baik
ﺷﺎﺥ ﻓﻬﻮ ﺷﻴﺦ
SYAAKHA – SYAIKHUN = yang tua
ﺷﺎﺏ ﻓﻬﻮ ﺃﺷﻴﺐ
SYAABA – ASY-YABU = yang muda
oOo
Kemudian disebutkan oleh mushannif pada Bait
diatas (lihat bait ke 458 dan 459). Dapat difahami
bahwa Isim Fa’il wazan FAA’ILUN jarang digunakan
untuk kedua Fi’il wazan FA’ULA dan juga FA’ILA,
yakni bentuk wazan Isim Fa’il FAA’ILUN banyak
digunakan pada selain kedua wazan fi’il FA’ULA dan
FA’ILA. Selanjutnya dijelaskan bahwa bentuk Isim
Fa’il dari keduanya berwazan FA’ALA, AF’ALA dan
FA’LAANA. Dan dicontohkan dalam Bait oleh
Mushannif dengan contoh sbb:
ﺃﺷِﺮَ – ﺃﺷِﺮٌ
ASYIRA – ASYIRUN = yang angkuh/tidak
menyukuri Nikmat .
ﺻَﺪِﻱَ – ﺻﺪﻳﺎﻥ
SYADIYA – SHADYAANU = yang kehausan
ﺟَﻬِﺮ – ﺃﺟﻬﺮ
JAHIRA – AJHARU = yang tak dapat melihat di
siang hari
Komentar
Posting Komentar